Tautan-tautan Akses

Para Menkeu Zona Euro Kenakan Persyaratan Baru atas Yunani


Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos (kiri) berbincang dengan Ketua Menkeu zona Euro, Jean-Claude Juncker di Brussels.

Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos (kiri) berbincang dengan Ketua Menkeu zona Euro, Jean-Claude Juncker di Brussels.

Setiap persyaratan harus dipenuhi oleh pemerintah Yunani, sebelum negara itu dapat memperoleh dana talangan selanjutnya.

Para anggota parlemen Yunani mengatakan mereka telah mencapai perjanjian mengenai langkah penghematan yang dituntut oleh para kreditor internasional supaya negara itu dapat memperoleh dana talangan lagi, tetapi para menteri keuangan Eropa mengatakan pengurangan pegawai negeri dan pemotongan anggaran tidak cukup.

Setelah pertemuan Kamis malam di Brussels, ke-17 menteri keuangan zona Euro menambahkan persyaratan baru sebelum Yunani memperoleh persetujuan kelompok itu untuk mendapat dana talangan baru sebesar 172 milyar dolar.

Ketua Jean-Claude Juncker mengatakan parlemen Yunani harus menyetujui paket langkah penghematan yang sekarang hari Minggu, Yunani harus memotong pengeluaran 430 juta dolar lagi tahun ini untuk memenuhi sasaran defisit dan, ketiga, para tokoh politik Yunani harus menjamin langkah penghematan tetap berlaku setelah pemilu bulan April.

Juncker mengatakan setiap persyaratan harus dipenuhi sebelum para menteri keuangan mengambil keputusan terakhir, yang mungkin akan dilakukan dalam pertemuan berikut hari Rabu.

Sementara itu, setelah sidang perundingan yang lama yang berakhir Kamis pagi, para pemimpin politik Yunani tetap gagal menyepakati besarnya pemotongan uang pensiun, sekalipun menyepakati pemotongan 22 persen upah minimum dan menghapus 15 ribu pekerjaan pemerintah.

Perdana Menteri Lucas Papademos dan mitra koalisinya mengumumkan mereka telah menemukan cara alternatif yang tidak dijelaskan untuk mengurangi pengeluaran pemerintah, yang merupakan titik peralihan setelah berminggu-minggu perundingan dengan para kreditor Yunani.

Yunani mengatakan mereka membutuhkan dana talangan dari Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional untuk menghindarkan kegagalan membayar obligasi 19 milyar yang akan jatuh tempo bulan Maret.

Pemerintah Athena juga akan menyelesaikan perundingan dengan kreditor swasta untuk memotong separuh hutang Yunani, pengurangan 132 milyar dolar. Berdasarkan persetujuan pembayaran utang negara itu, 32 lembaga keuangan yang besar akan kehilangan 70 persen piutang mereka di Yunani.

XS
SM
MD
LG