Tautan-tautan Akses

AS

Para Kandidat Capres AS Diet, Berolahraga di Tengah Kampanye

  • Associated Press

Kandidat calon presiden dari Partai Republik, mantan gubernur Florida Jeb Bush, dalam debat di Quicken Loans Arena (6/8) di Cleveland, Ohio. (AP/John Minchillo)

Kandidat calon presiden dari Partai Republik, mantan gubernur Florida Jeb Bush, dalam debat di Quicken Loans Arena (6/8) di Cleveland, Ohio. (AP/John Minchillo)

Panjangnya perjalanan dan selalu berdekatan dengan kudapan manis segar, proses kampanye terkenal tidak sehat.

Scott Walker menghitung langkahnya dengan aplikasi FitBit. Jeb Bush menjaga makanan dengan diet Paleo. Bobby Jindal "gila gym."

Panjangnya perjalanan dan selalu berdekatan dengan kudapan manis segar, proses kampanye terkenal tidak sehat. Namun banyak dari kandidat calon presiden AS itu bertekad membuat pilihan-pilihan gaya hidup yang cerdas saat mereka berada di tempat-tempat makan kecil dan restoran pizza di negara-negara bagian yang mereka kunjungi.

"Saya usahakan melakukan 10.000 langkah setiap hari," ujar Walker, Gubernur negara bagian Wisconsin.

Ia mengatakan mendapatkan gelang penghitung langkah itu Natal yang lalu dan bersaing dengan keluarga dan stafnya untuk melihat siapa yang bergerak paling banyak dalam sehari. "FitBit membuat saya terobsesi," ujarnya.

Walker bukan satu-satunya kandidat yang mencoba berolahraga dalam perjalanan. Senator Florida, Marco Rubio selalu berolahraga pagi-pagi sekali di pusat kebugaran hotel. Senator Texas, Ted Cruz, juga memakai FitBit dan senang menerima telepon sambil berjalan. Mantan Senator Pennsylvania Rick Santorium melakukan sedikitnya 50 gerakan pushup setiap hari, sementara mantan eksekutif perusahaan Carly Fiorina menggunakan mesin eliptical hampir setiap pagi, menurut stafnya.

Mantan Gubernur Texas Rick Perry, yang dioperasi punggung tahun 2011, mengatakan akhir tahun lalu bahwa ia memiliki rutinitas olahraga yang fokus pada kekuatan perut.

Diet juga penting untuk banyak kandidat pemilu 2016 ini. Bush telah menurunkan berat badan dengan diet Paleo, yang mengutamakan daging tak berlemak dan sayuran, dan rendah karbohidrat dan produk susu.

Namun mantan gubernur Florida itu tidak terlalu ketat dengan dietnya. Musim semi lalu ia tertangkap kamera sedang makan kue pie bluberry di New Hampshire.

Usaha-usaha ini membantu menjaga kesehatan dan stamina. Namun para kandidat juga ingin terlihat bagus di kamera dan jika diajak swafoto atau selfie oleh warga.

Presiden AS Barack Obama dikenal disiplin dengan kesehatan dan kebugarannya selama kampanye, bangun sebelum matahari terbit untuk berolahraga. Ibu Negara Michelle Obama juga giat berolahraga, dan kampanye "Ayo Bergerak"-nya bertekad mengurangi tingkat obesitas pada anak-anak.

Hillary Rodham Clinton mencoba menghindari pizza, berolahraga secara rutin dan melakukan yoga, ujar juru bicara Nick Merrill. Mantan Gubernur Maryland, Martin O'Malley mengatakan olahraga secara rutin dan memilih sayuran daripada makanan siap saji membantu mengurangi stress selama kampanye.

"Kita tidak boleh sakit jika melakukan hal ini. Seperti atlet, tubuh kita adalah alat kita," ujar O'Malley.

Politisi yang berjuang dengan berat badannya harus melakukannya secara publik. Dua tahun lalu, Gubernur New Jersey Chris Christie melakukan operasi di perutnya agar lebih kecil. Ia tidak mengungkapkan berapa kilogram bobotnya yang hilang, tapi ia terlihat meramping dan seringkali dipuji oleh para calon pemilih.

Tapi ia juga senang makan enak selama kampanye, secara selektif memilih bacon namun menolak makanan lain yang ditawarkan stafnya.

Mantan Gubernur Arkansas Mike Huckabee lebih vokal mengenai kesehatannya. Ia telah menurunkan 50 kilogram berat badan lewat diet dan olahraga sekitar 12 tahun lalu dan mendokumentasikan keberhasilannya lewat bukunya "Quit Digging Your Grave with a Knife and Fork (Stop Gali Kuburan Sendiri dengan Pisau dan Garpu)."

Dalam beberapa tahun terakhir, bobotnya naik lagi, tapi ia mengatakan ia telah menurunkan berat badannya lagi. Meski tidak seramping ketika ia suka berlari maraton.

"Saya mengurangi gula, makanan yang digoreng dan makanan siap saji," ujar Huckabee. Tetap saja selalu ada godaan saat berkampanye dan sulit hanya makan salad di jalan, tambahnya.

Senator Kentucky, Rand Paul, salah satu dari dua dokter dalam kompetisi ini, menawarkan filosofinya: "Jika harus makan makanan siap saji saat berkampanye, hindari makanan gorengan. Jika ada waktu untuk duduk di restoran, makan setengah porsi saja."

XS
SM
MD
LG