Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Jepang Uji Coba Rencana Pengendalian Kebocoran Nuklir


Para anggota pengawas keselamatan nuklir Jepang melakukan inspeksi di PLTN Fukushima (foto: dok).

Para anggota pengawas keselamatan nuklir Jepang melakukan inspeksi di PLTN Fukushima (foto: dok).

Para ilmuwan Jepang berencana membuat simulasi kecelakaan nuklir yang terkendali untuk mengetahui bagaimana menghadapi bencana seperti itu.

Ilmuwan nuklir Jepang berencana membuat kecelakaan nuklir terkendali untuk mengetahui bagaimana menghadapi kemungkinan terjadinya bencana seperti itu pada masa depan.

Badan Energi Atom Jepang akan menggunakan reaktor nuklir kecil untuk sengaja menciptakan kondisi kerusakan serius. Percobaan akan dimulai akhir tahun ini di sebuah fasilitas penelitian di Ibaraki, sebelah utara Tokyo.

Kebocoran terjadi ketika bahan bakar nuklir di reaktor inti, yang biasanya sangat panas untuk menghasilkan uap bagi turbin pembangkit listrik, terlalu panas di atas titik leburnya.

Ini dapat menyebabkan ledakan dan bocornya bahan radioaktif, seperti yang terjadi di pembangkit nuklir Fukushima pada tahun 2011 setelah bencana gempa bumi dan tsunami.

Tapi Edwin Lyman, ilmuwan senior di The Union of Concerned Scientists, mengatakan para peneliti Jepang hanya akan mengambil contoh kecil dari bahan bakar yang berada di reaktor Fukushima dan akan menempatkannya dalam kondisi yang akan menyebabkan bahan bakar itu meleleh, sehingga mereka dapat benar-benar mempelajari bagaimana proses ini terjadi.
XS
SM
MD
LG