Tautan-tautan Akses

Para Gubernur Negara Bagian Dukung Penjabat Presiden Nigeria


Presiden Umaru Yar'adua pulang ke negaranya pekan lalu.

Presiden Umaru Yar'adua pulang ke negaranya pekan lalu.

Para gubernur negara bagian di Nigeria telah menjanjikan dukungan mereka pada Penjabat Presiden Goodluck Jonathan, sementara pemimpin negara yang sakit-sakitan itu, Presiden Umaru Yar'adua, pulih dari penyakit yang sudah lama dideritanya.

Ketua Forum Gubernur, Bukola Saraki, mengatakan hal itu kepada wartawan, setelah ke-36 gubernur negara bagian mengadakan pertemuan dengan Jonathan di Abuja Selasa kemarin. Kelompok gubernur tsb yakin, penjabat presiden melakukan pekerjaan yang baik. Namun, Saraki menolak saran agar Presiden Umaru Yar'adua meletakkan jabatan.

Para gubernur negara bagian Nigeria adalah para tokoh yang sangat berpengaruh, dan beberapa menguasai pemasukan minyak yang berjumlah besar di negara itu.

Presiden Yar'Adua pulang ke Nigeria pekan lalu setelah tiga bulan berobat di Arab Saudi. Ia diangkut dengan cepat oleh ambulans dari bandar udara Abuja ke rumahnya yang dikawal ketat, dan ia tidak pernah kelihatan sejak itu.

Ketidakhadirannya yang lama di Nigeria menyebabkan kevakuman di negara itu, dan kepulangannya telah meningkatkan kekhawatiran tentang adanya perebutan kekuasaan.

XS
SM
MD
LG