Tautan-tautan Akses

Para Astronot Lanjutkan Misi Perbaikan Stasiun Antariksa Internasional


Astronot dan Tracy Caldwell Dyson (depan) dan Doug Wheelock sedang berlatih sebelum melakukan perbaikan pada hari Sabtu.

Astronot dan Tracy Caldwell Dyson (depan) dan Doug Wheelock sedang berlatih sebelum melakukan perbaikan pada hari Sabtu.

Para astronot akan kembali berusaha mengganti pompa rusak pekan ini, setelah gagal pada akhir pekan.

Para astronot di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) perlu melakukan pekerjaan tambahan di luar stasiun untuk menyelesaikan perbaikan pada alat pendingin yang rusak yang menyebabkan penutupan darurat stasiun antariksa ini pekan lalu.

NASA menlaporkan demikan, sembari mengumumkan langkah selanjutnya dalam mengganti pompa rusak untuk dijadwalkan untuk hari Rabu. Ketua misi mengatakan ada kemungkinan bahwa dua pekerjaan tambahan di luar stasiun akan diperlukan untuk menyelesaikan perbaikan.

Astronot Doug Wheelock dan Tracy Caldwell Dyson asal Amerika tidak berhasil melepaskan pompa dari sistem pendingin stasiun antariksa pada hari Sabtu. Pekerjaan di luar stasiun itu berlangsung delapan jam dan tiga menit, menjadikan pekerjaan di luar stasiun terpanjang dalam sejarah oleh awak ekspedisi.

Pusat pengendali misi mengatakan kedua astronot itu mengalami kesulitan melepaskan selang amonia dari pompa dan harus menggunakan sebuah palu untuk melonggarkan penghubung selang yang rapat. Mereka juga menemukan kebocoran di salah satu selang yang melekat pada pompa.

NASA mengatakan pekerjaan di luar stasiun itu cukup sulit, karena para astronot harus menangani amonia pada operasi yang penuh tekanan yang membuat mereka kaku dan lebih sulit bergerak.

XS
SM
MD
LG