Tautan-tautan Akses

Demonstran Papua Barat Bentrok dengan Polisi

  • Associated Press

Polisi di Jakarta bentrok dengan para demonstran yang memprotes kekuasaan pemerintah Indonesia di provinsi Papua Barat, 1 Desember 2015. (Foto: Dok)

Polisi di Jakarta bentrok dengan para demonstran yang memprotes kekuasaan pemerintah Indonesia di provinsi Papua Barat, 1 Desember 2015. (Foto: Dok)

Kelompok-kelompok HAM menuduh militer Indonesia melakukan pelanggaran HAM serius di Papua.

Para demonstran Papua Barat bentrok dengan polisi di Jakarta, Kamis (1/12) dalam demonstrasi yang menyerukan kemerdekaan wilayah tersebut.

Para penyelenggara menjanjikan demonstrasi di kota-kota lain dan mengatakan polisi telah menolak memberi mereka izin untuk melakukan protes di pusat kota Jakarta.

Puluhan demonstran dihalangi untuk memasuki Bundaran Hotel Indonesia oleh beberapa ratus polisi yang menembakkan meriam air dan menyeret para pria dari kerumunan itu ke dalam mobil-mobil polisi.

"Jangan halangi hak kami untuk menyerukan aspirasi-aspirasi kami. Warga Papua menuntut kebenaran sejarah kami," teriak seorang pembicara yang berdiri di atas truk kecil kepada kerumunan orang. Para anggota Aliansi Mahasiswa Papua menyerukan "Papua Merdeka" dan menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh militer Indonesia melakukan pelanggaran HAM serius di Papua dan beberapa negara pulau Melanesia juga telah menyuarakan keprihatinan mereka dan menyerukan kemerdekaan Papua.

Banyak orang Papua Barat melihat 1 Desember sebagai peringatan dari apa yang seharusnya menjadi hari kemerdekaan mereka.

Penjajah Belanda menguasai Papua Barat ketika Indonesia merdeka setelah Perang Dunia II. Wilayah ini menjadi bagian dari Indonesia menyusul referendum yang diawasi PBB tahun 1969 yang dikecam sebagai tidak demokratis.

Pemberontakan tingkat rendah telah menodai wilayah yang kaya mineral ini selama bertahun-tahun.

Pemerintah, yang selama berpuluh tahun mengirim warga dari Jawa dan daerah lain untuk tinggal di Papua, sekarang mencoba mendorong pembangunan ekonomi untuk meredam gerakan separatis.​ [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG