Tautan-tautan Akses

AS

Pantai Timur AS Peringati Setahun Badai Sandy


Badai Sandy menimbulkan kerusakan di kawasan Queens, New York tahun lalu (foto; dok).

Badai Sandy menimbulkan kerusakan di kawasan Queens, New York tahun lalu (foto; dok).

Superbadai Sandy menyebabkan lebih dari 150 orang tewas dan diperkirakan menimbulkan kerugian 65 miliar dolar ketika melanda kawasan Pantai Timur AS tahun lalu.

Penduduk di kawasan permukiman di sepanjang pesisir dekat Kota New York dan di negara bagian tetangganya, New Jersey, akan menyalakan lilin dan senter, Selasa malam, untuk memperingati satu tahun amukan Superbadai Sandy.

Badai hebat itu menghancurkan kawasan di sepanjang pesisir timur Amerika Serikat.
Daerah-daerah permukiman di New York dan New Jersey mengalami banjir besar.

Gelombang pasang besar menyebabkan tergenangnya terowongan-terowongan kereta bawah tanah New York, menghancurkan ratusan rumah dan menyebabkan jutaan warga mengalami listrik padam selama berpekan-pekan.

Dalam pernyataannya, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan rakyat Amerika hari Selasa akan mengenang mereka yang tewas akibat badai itu dan menghibur keluarga-keluarga yang berduka karena kehilangan para korban.

Ia mengatakan sementara masih ada rumah dan tempat-tempat usaha yang akan dibuka kembali, tahun lalu merupakan pengingat mengenai kekuatan dan ketangguhan rakyat Amerika.

Superbadai Sandy menyebabkan lebih dari 150 orang tewas dan diperkirakan menimbulkan kerugian 65 miliar dolar sewaktu badai tersebut bergerak melintasi Kota New York dan New Jersey dan menuju kawasan New England.
XS
SM
MD
LG