Tautan-tautan Akses

Pantai Gading Selenggarakan Pemilihan Presiden


Pemilihan umum di Abobo PK18, Pantai Gading (25/10).

Pemilihan umum di Abobo PK18, Pantai Gading (25/10).

Pemilihan hari Minggu (25/10) ini dianggap sebagai ujian penting bagi negara itu setelah kekerasan pascapemilu lima tahun silam yang menewaskan sedikitnya 3.000 orang.

Pantai Gading menyelenggarakan pemilihan presiden putaran pertama hari Minggu. Presiden yang berkuasa sekarang ini, Alassane Ouattara, yang diperkirakan luas akan menang, mengatakan, ia menginginkan kemenangan langsung pada putaran pertama.

Pemilihan hari Minggu ini dianggap sebagai ujian penting bagi negara itu setelah kekerasan pasca pemilu lima tahun silam yang menewaskan sedikitnya 3.000 orang.

Enam kandidat menantang presiden berusia 73 tahun itu. Tiga kontestan lainnya telah menarik diri dari persaingan. Yang terakhir menarik diri adalah mantan Perdana Menteri Charles Konan Banny pada hari Jumat. Ia mengatakan pemilihan presiden dicemari oleh berbagai pelanggaran bahkan sebelum kertas suara pertama diberikan.

Semua kandidat yang menarik diri dari pencalonan mengklaim bahwa komisi pemilu bersikap bias yang menguntungkan Ouattara dan mendapati pemilih yang terdaftar ganda, yang berpotensi menjadi sumber kecurangan suara.

Komisi pemilu hari Jumat menyatakan telah menyelidiki tuduhan-tuduhan itu, tetapi tidak menemukan bukti yang meyakinkan. [uh]

XS
SM
MD
LG