Tautan-tautan Akses

Gbagbo Jalani Pemeriksaan Awal bagi Kasus Pelanggaran HAM


Mantan Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo bersama istrinya, Simone (foto: dok)

Kejaksaan Pantai Gading memulai interogasi terhadap mantan Presiden Laurent Gbagbo mengenai dugaan pelanggaran HAM di masa kekuasannya.

Seorang jaksa penuntut dalam pemerintahan Pantai Gading mengatakan para pejabat untuk pertama kalinya menanyai mantan Presiden Laurent Gbagbo tentang dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan saat ia berkuasa.

Jaksa Simplice Kouadio Koffi mengatakan kepada wartawan bahwa Gbagbo menjalani pemeriksaan awal tersebut, Sabtu. Tidak ada pengacara yang mendampingi Gbagbo dalam interogasi tersebut.

Tim pengacara Gbagbo terbang dari Perancis ke Abidjan, Jumat, tetapi tidak diizinkan masuk ke negara tersebut. Pejabat Pantai Gading mengatakan mereka tidak memiliki visa yang sah.

Koffi mengatakan para pejabat kejaksaan, Minggu, akan mengajukan pertanyaan kepada istri Simone Gbagbo. Simone Gbagbo adalah tokoh kunci dalam pemerintahan suaminya.

Gbagbo ditangkap bulan lalu karena menolak untuk mundur setelah kalah dalam pemilu bulan November. Penolakannya untuk menyerahkan kekuasaan memicu perebutan kekuasaan dengan kekerasan antara pendukung setia Gbagbo dan pendukung Presiden Alassane Ouattara yang memenangkan pemilu.

XS
SM
MD
LG