Tautan-tautan Akses

Pantai Gading Mengarah ke Rekonsiliasi Politik


Pantai Gading melakukan demobilisasi dan reintegrasi sekitar 65 ribu pejuang pendukung mantan Presiden Gbagbo (foto: dok).

Pantai Gading melakukan demobilisasi dan reintegrasi sekitar 65 ribu pejuang pendukung mantan Presiden Gbagbo (foto: dok).

PBB memuji Pantai Gading atas pemulihan berkelanjutan negara itu dari krisis tahun 2010 pasca kekerasan Pemilu dengan melakukan rekonsiliasi nasional.

PBB memuji Pantai Gading atas pemulihan berkelanjutan negara itu dari krisis tahun 2010 pasca kekerasan Pemilu, dan memuji Presiden Alassane Ouattara karena mengambil "langkah penting" guna menstabilkan keamanan nasional.

Kepala penjaga perdamaian PBB Herve Ladsous kepada Dewan Keamanan PBB hari Kamis mengatakan, Presiden Ouattara telah menunjukkan "tekad luar biasa" dalam menanggulangi "banyak tantangan" yang masih dihadapi negara itu.

Ladsous menunjukkan dorongan berkelanjutan Presiden untuk demobilisasi dan reintegrasi sekitar 65 ribu pejuang yang angkat senjata setelah mantan Presiden Laurent Gbagbo menolak mengakui kekalahan dalam Pemilu tahun 2010.

Tetapi penjaga perdamaian juga memperingatkan, perpecahan politik masih ada. Ia mengatakan negara itu akan membutuhkan dukungan lebih luas dari komunitas internasional guna menjamin keberhasilan reintegrasi mantan kombatan.
XS
SM
MD
LG