Tautan-tautan Akses

Panglima Koalisi: Serangan Bukan Karena Meningkatnya Penyusup Taliban


Panglima pasukan NATO dan Amerika di Afghanistan Jenderal John Allen (foto: dok).

Panglima pasukan NATO dan Amerika di Afghanistan Jenderal John Allen (foto: dok).

Jenderal John Allen mengatakan meningkatnya serangan oleh ‘orang dalam’ bukan karena semakin banyaknya penyusup Taliban dalam pasukan keamanan Afghanistan.

Panglima pasukan NATO dan Amerika di Afghanistan Jenderal John Allen mengatakan meningkatnya serangan oleh ‘orang dalam’ di Afghanistan bukan karena semakin banyaknya penyusup Taliban dalam pasukan keamanan Afghanistan.

Pasukan Afghanistan telah membunuh 10 tentara internasional, sebagian besar dari Amerika, selama dua pekan terakhir. Sekurang-kurangnya 30 tentara NATO tewas dalam serangan seperti itu tahun ini.

Jenderal Allen memberitahu wartawan di Pentagon melalui tele-konferensi hari Kamis, sekitar 25 persen dari serangan ‘orang dalam’ itu mungkin adalah karena penyusupan pemberontak, peniruan, atau pemaksaan, tetapi ada juga unsur perbedaan pendapat dan permusuhan antara penyerang dan pasukan koalisi.

Allen menegaskan, NATO masih menyelidiki semua kemungkinan alasan terjadinya serangan oleh ‘orang dalam.’ Menurut Allen meningkatnya serangan seperti itu akhir-akhir ini mungkin juga disebabkan karena bulan Ramadan bertepatan dengan musim pertempuran.
XS
SM
MD
LG