Tautan-tautan Akses

Pangeran Yordania Terpilih Jadi Komisaris HAM PBB


Pangeran Yordania Zeid Ra’ad Zeid Al Hussein, Komisaris Tinggi PBB Urusan HAM yang baru (foto: dok).

Pangeran Yordania Zeid Ra’ad Zeid Al Hussein, Komisaris Tinggi PBB Urusan HAM yang baru (foto: dok).

Pangeran Yordania Zeid Ra’ad Zeid Al Hussein terpilih sebagai Komisaris Tinggi PBB Urusan HAM menggantikan Navi Pillay.

Pangeran Yordania Zeid Ra’ad Zeid Al Hussein mulai menjalankan pekerjaannya sebagai Komisaris Tinggi PBB Untuk Urusan HAM yang baru sejak satu pekan lalu, menggantikan Navi Pillay.

Komisaris PBB yang baru ini adalah seorang pangeran Yordania dan diplomat berpengalaman, yang juga seorang warga Arab dan Muslim pertama yang memegang posisi berpengaruh tersebut. Ia terpilih setelah mendapat dukungan luar biasa dari Majelis Umum PBB bulan Juni lalu.

Pangeran Zeid Ra’ad Zeid Al Hussein yang berusia 50 tahun itu menyelesaikan pendidikan di Amerika dan Inggris, serta dua kali menjadi Duta Besar Yordania di PBB dalam 14 tahun terakhir, termasuk jeda selama tiga tahun ketika ia menjabat sebagai Utusan Khusus Yordania di Washington.

Pangeran Zeid Ra’ad Zeid Al Hussein telah menjadi tokoh yang memperjuangkan keadilan internasional dan memainkan peran penting dalam pembentukan Mahkamah Kriminal Internasional. Ia juga pernah menjadi pejabat politik dalam Perwakilan PBB di Balkan dan penasehat bagi mantan Sekjen PBB Kofi Annan.

Komisaris Tinggi PBB Untuk Urusan HAM bertanggungjawab melindungi hak seluruh orang di dunia, yang termaktub dalam Piagam PBB dan beberapa perjanjian global lain. Komisaris HAM PBB kerap mengeluarkan laporan – sebagaimana yang dilakukan Pangeran Zeid Ra’ad Zeid Al Hussein hari Senin terhadap pelanggaran yang dilakukan militan ISIS – atau laporan yang memaparkan penganiayaan terhadap perempuan, anak-anak, atau kelompok minoritas dan keagamaan di seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG