Tautan-tautan Akses

AS

Panetta Kunjungi Bekas Pangkalan AS di Vietnam


Menteri Pertahanan Leon Panetta (kiri) berpidato di depan para kru kapal AL Amerika, Richard E. Byrd di Teluk Cam Ranh, Vietnam (3/6).

Menteri Pertahanan Leon Panetta (kiri) berpidato di depan para kru kapal AL Amerika, Richard E. Byrd di Teluk Cam Ranh, Vietnam (3/6).

Militer Amerika sedang berusaha mengalihkan sebagian besar kapal perangnya ke kawasan Asia-Pasifik menjelang tahun 2020.

Pimpinan pertahanan Vietnam mengatakan kepada Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta hari Senin bahwa pemerintah komunis itu akan membuka tiga lagi lokasi baru untuk pencarian sisa jenazah tentara Amerika dari perang puluhan tahun yang lalu.

Janji itu dikemukakan dalam pertemuan antara Panetta dan Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh. Kedua pimpinan militer itu juga tukar-menukar artefak dari perang tersebut – sebuah catatan harian seorang tentara Vietnam, dan surat-surat pribadi yang ditulis oleh seorang tentara Amerika – yang diambil oleh tentara dari kedua pihak dalam Perang Vietnam.

Amerika mendesak supaya angkatan lautnya bisa terus menggunakan pelabuhan-pelabuhan di kawasan Laut Cina Selatan, sementara negara adikuasa itu berusaha mengalihkan sebagian besar kapal perangnya ke kawasan Asia-Pasifik menjelang tahun 2020.

Hal ini dikatakan menteri Pertahanan Leon Panetta hari Minggu ketika ia mengunjungi pelabuhan Cam Ranh Bay di Vietnam. Pelabuhan itu adalah bekas pangkalan militer Amerika dan pusat pasokan militer ketika berlangsung perang Vietnam.

Panetta mengunjungi sebuah kapal kargo angkatan laut Amerika yang sedang diperbaiki di pelabuhan itu. Ia adalah pejabat pertama Amerika yang mengunjungi pelabuhan itu sejak berakhirnya perang Vietnam tahun 1975.

Berbicara di atas anjungan kapal Richard E. Byrd, Panetta mengatakan kunjungannya ke Vietnam merupakan simbol normalisasi hubungan antara Amerika dan Vietnam.

Kemarin, dalam konferensi forum keamanan di Singapura, Panetta mengatakan bahwa sebagian besar kapal-kapal angkatan laut Amerika akan dipindahkan ke kawasan Pasifik dalam delapan tahun ke depan sebagai bagian dari pengalihan strategi Amerika ke Asia.

Menteri pertahanan AS itu juga akan mengunjungi India dalam lawatan satu minggu ke kawasan Asia-Pasifik.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG