Tautan-tautan Akses

Panel PBB: Ulah Manusia Sebabkan Perubahan Iklim


Perubahan iklim di bumi menurut panel PBB, disebabkan oleh manusia dan berdampak terhadap setiap benua dan samudera di planet ini (Foto: ilustrasi)

Perubahan iklim di bumi menurut panel PBB, disebabkan oleh manusia dan berdampak terhadap setiap benua dan samudera di planet ini (Foto: ilustrasi)

Sebuah panel PBB mengatakan manusia mengganggu iklim Bumi, dan berdampak terhadap setiap benua dan samudera planet ini.

Dalam laporan baru yang dikeluarkan hari Senin (31/3), Panel Perubahan Iklim antar-pemerintah di PBB menunjukkan risiko pemanasan planet dan mengatakan bahwa dalam banyak hal dunia tidak siap menghadapinya.

Chris Field, salah seorang ketua panel itu, mengatakan manusia dan sistem lingkungan di seluruh dunia sudah rawan. Laporan itu mengatakan pengaruhnya yang sudah diamati termasuk dampaknya terhadap pertanian, kesehatan manusia, sumber air, dan ekosistem di darat dan laut.

Laporan itu mengatakan apabila planet semakin panas, semakin besar kemungkinan untuk dampak yang parah sehingga kemungkinan tidak dapat dipulihkan kembali.

Menurut laporan tersebut, dampak bencana alam baru-baru ini telah menunjukkan bagaimana negara-negara "pada semua tingkat" kurang siap menghadapi berbagai macam iklim.

Pemerintah negara-negara di dunia dalam laporan tersebut dikatakan perlu mengembangkan rencana untuk menyesuaikan kepada perubahan iklim dan menerapkan kebijakan-kebijakan tersebut ke dalam rencana pembangunan mereka yang lebih luas.
XS
SM
MD
LG