Tautan-tautan Akses

Panel PBB Khawatirkan Dugaan Penyelundupan Senjata Iran


Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice.

Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice.

Negara-negara Barat dalam rapat DK PBB mengenai Iran menyuarakan keprihatinan tentang dugaan penyelundupan senjata Teheran.

Negara-negara Barat dalam rapat Dewan Keamanan PBB mengenai Iran menyuarakan keprihatinan tentang dugaan penyelundupan senjata Teheran.

Dutabesar Amerika untuk PBB Susan Rice hari Jumat mengimbau panel itu agar "menyelidiki secara seksama" kemungkinan pelanggaran oleh Iran atas sanksi PBB yang melibatkan penyelundupan.

Rice mengutip insiden bulan September di mana pihak berwenang Italia menyita sebanyak tujuh ton bahan peledak dalam peti kemas yang diyakini berasal dari Iran. Ia juga mengutip insiden bulan Oktober di Nigeria yang menyebabkan seorang warga Iran dituduh berusaha mengimpor senjata api terlarang.

Rice mengatakan penyelidikan atas insiden itu bisa membantu Dewan Keamanan menghentikan “penyelundupan dan jaringan proliferasi" Iran.

Kantor Berita Perancis AFP mengutip wakil Perancis di PBB Martin Briens menyebutkan penyitaan itu menunjukkan Iran menggunakan "rute yang semakin kompleks dan rumit" supaya bisa terhindar dari sanksi-sanksi PBB.

PBB menerapkan sanksi putaran ke empat terhadap Iran karena program nuklirnya yang kontroversial. Negara-negara Barat curiga Iran hendak mengembangkan senjata nuklir. Teheran menyatakan program nuklirnya untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG