Tautan-tautan Akses

Panel Kongres Brazil Rekomendasikan Pemakzulan Presiden


Presiden Dilma Rousseff dalam konferensi pers di Brasilia, Brazil (5/4). (Reuters/Adriano Machado)

Presiden Dilma Rousseff dalam konferensi pers di Brasilia, Brazil (5/4). (Reuters/Adriano Machado)

Dilma Rousseff dituduh menyembunyikan rincian perekonomian Brasil yang buruk agar ia terpilih kembali tahun 2014.

Komisi Kongres Brazil hari Senin (11/4) merekomendasikan agar Presiden Dilma Rousseff dimakzulkan karena dugaan korupsi.

Komisi itu menyetujui rekomendasi dengan suara 38 lawan 27 dan kini akan mengirim rekomendasinya kepada seluruh anggota Majelis Rendah. Dua pertiga suara mayoritas diperlukan di Majelis Rendah agar Senat dapat menyidangkan pemakzulannya.

Majelis Rendah negara itu diperkirakan akan melakukan pemungutan suara dalam satu minggu dan pengamat politik mengatakan marginnya terlalu dekat untuk bisa dipastikan. Rousseff dituduh menyembunyikan rincian perekonomian Brasil yang buruk agar ia terpilih kembali tahun 2014.

Para pendukungnya mengatakan tuduhan-tuduhan itu bagian dari upaya kudeta oleh wakil presidennya, Michel Temer yang ikut dengan kubu pendukung pemakzulan. Tapi Temer juga menghadapi tuduhan-tuduhan korupsi yang sama seperti Rousseff.

Temer hari Senin mengatakan rekaman rancangan pidato yang rencananya ia ucapkan jika ia mengambil alih jabatan presiden dirilis kepada publik secara tidak sengaja. Dalam rekaman itu ia terdengar seperti sudah menjadi presiden.

Tapi Temer mengatakan tidak ada hal dalam pidato itu yang belum pernah ia katakan sebelumnya kepada publik. [my/al]

XS
SM
MD
LG