Tautan-tautan Akses

Panel Kongres AS: China Telecom Bajak Internet Amerika


Arus komunikasi internet pemerintah dan militer AS ternyata rentan dari pembajakan (foto ilustrasi).

Arus komunikasi internet pemerintah dan militer AS ternyata rentan dari pembajakan (foto ilustrasi).

Panel tersebut menuduh perusahaan telekomunikasi Tiongkok membajak komunikasi internet dari Pemerintah dan militer AS awal tahun ini.

Panel Penasehat Kongres Amerika mengatakan sebuah perusahaan telekomunikasi Tiongkok “membajak” sejumlah besar jalur lalu-lintas internet dari Pemerintah dan militer Amerika awal tahun ini.

Komisi Pengkajian Ekonomi dan Keamanan Amerika-Tiongkok hari Rabu mengatakan perusahaan milik pemerintah Tiongkok ‘China Telecom’ mengalihkan rute data yang sangat sensitive melalui server-server Tiongkok selama 18 menit pada tanggal 8 April 2010.

Komisi tersebut mengatakan pengalihan ulang itu mempengaruhi lalu-lintas dari dan ke website dari keempat cabang militer Amerika dan kantor Kementerian Pertahanan. Hal-hal lain yang terkena dampak adalah Badan Antariksa Amerika NASA dan the National Oceanic & Atmospheric Administration.

Panel yang terdiri dari para ilmuwan, mantan pejabat-pejabat Amerika dan diplomat mengatakan tidak menemukan cara untuk menentukan apakah perusahaan-perusahaan telekomunikasi Tiongkok memanfaatkan data tersebut. Tetapi mengatakan insiden serupa dapat menimbulkan dampak serius, termasuk memungkinkan pengawasan penggunaan internet atau situs tertentu.

China Telecom lewat pernyataan yang di-email ke kantor berita Reuters, menyangkal melakukan pembajakan apapun atas lalulintas internet.

XS
SM
MD
LG