Tautan-tautan Akses

Panel HAM PBB Kutuk Suriah


Selain melakukan kekerasan terhadap para demonstran oposisi, tentara Suriah juga dituduh berbuat kejam terhadap anak-anak (foto: dok).

Selain melakukan kekerasan terhadap para demonstran oposisi, tentara Suriah juga dituduh berbuat kejam terhadap anak-anak (foto: dok).

Dewan HAM PBB memutuskan mengutuk Suriah karena melakukan pelanggaran HAM 'menjijikkan' dan 'sistematis' dalam penumpasan terhadap aksi-aksi protes.

Resolusi yang disahkan Dewan HAM PBB hari Jumat itu juga menetapkan jabatan penyelidik khusus guna menyelidiki pelanggaran HAM di Suriah. Namun, resolusi itu tidak sampai secara khusus mengajukan Damaskus ke Dewan Keamanan PBB untuk tindakan lebih lanjut.

Ke-37 anggota Dewan HAM itu memilih mendukung resolusi tersebut. Rusia, Kuba, Tiongkok dan Ekuador menyatakan menentang, sementara enam negara abstain.

Sebelum pemungutan suara itu, Komisaris Tinggi Dewan HAM PBB Navi Pillay kepada kelompok itu menyatakan pengkajian baru-baru ini yang didukung PBB mendapati, selain berbuat kejam terhadap orang dewasa, tentara Suriah juga berbuat kejam terhadap anak-anak. Namun, dutabesar Suriah untuk PBB menilai laporan itu tidak seimbang.

Sementara itu, aktivis mengatakan setidaknya delapan orang tewas tertembak hari Jumat ketika ribuan demonstran mendesak negara tetangga, Turki, untuk membangun zona penyangga guna melindungi warga sipil.

Secara terpisah, saksi mata dan aktivis mengatakan terjadi penembakan besar-besaran di desa-desa dekat perbatasan Suriah dengan Lebanon.

XS
SM
MD
LG