Tautan-tautan Akses

AS

Panel AS akan Tinjau Kembali Pengumpulan Data Intelijen


Presiden Barack Obama saat memberikan keterangan kepada media di Gedung Putih, Washington (9/8).

Presiden Barack Obama saat memberikan keterangan kepada media di Gedung Putih, Washington (9/8).

Presiden Amerika Barack Obama memerintahkan kepala intelijen Amerika James Clapper untuk menilai bagaimana kemajuan teknologi telah mengubah pengumpulan informasi intelijen.

Presiden Amerika Barack Obama memerintahkan kepala intelijen Amerika untuk meninjau kembali bagaimana lembaga-lembaga mengumpulkan informasi mengenai ancaman keamanan, supaya rakyat yakin tentang apa yang dilakukan pemerintah.

Obama menulis dalam sebuah memo kepada James Clapper bahwa penting untuk menilai bagaimana kemajuan teknologi telah mengubah pengumpulan informasi intelijen.

Grup Peninjau yang dipimpin Clapper akan mempelajari apakah Amerika menggunakan teknologi baru untuk melindungi keamanan nasional dan kebijakan luar negeri sekaligus melindungi hak-hak privasi.

Banyak warga dan anggota kongres Amerika marah ketika mantan karyawan intelijen Edward Snowden mengungkapkan bahwa Badan Keamanan Nasional menyadap percakapan telepon dan penggunaan Internet mereka. NSA juga melacak komunikasi luar negeri.

Obama mengatakan dalam konferensi pers pekan lalu bahwa Amerika harus lebih transparan. Dia mengatakan yakin program pengintaiannya tidak disalahgunakan, tetapi warga Amerika harus bisa diyakinkan tentang hal itu.
XS
SM
MD
LG