Tautan-tautan Akses

Panda di Kebun Binatang San Diego Rayakan Ulang Tahun ke-24


Menurut data yang tersedia, hanya ada 2.000 panda di dunia. Tidak heran bila binatang ini begitu disayang.

Washington, D.C. baru-baru ini merayakan kelahiran bayi panda kembar, walaupun seekor di antaranya tidak selamat setelah lahir di Kebun Binatang Nasional Smithsonian. Sementara itu, panda di Kebun Binatang San Diego di California merayakan ulang tahunnya yang ke-24 bersama para pengasuh dan penggemarnya.

Bai Yun di Kebun Binatang San Diego merayakan ulang tahun ke-24 dengan kue dari es saus apel dan berisi irisan apel, wortel dan ubi (7/9). (Courtesy: San Diego Zoo)

Bai Yun di Kebun Binatang San Diego merayakan ulang tahun ke-24 dengan kue dari es saus apel dan berisi irisan apel, wortel dan ubi (7/9). (Courtesy: San Diego Zoo)

Ibu panda ini keluar dari ruangannya dan menemukan sebuah kue es saus apel, yang di dalamnya berisi irisan apel, wortel dan ubi. Para pengasuh Bai Yun juga menghiasi ruangan panda ini dengan kotak-kotak hadiah yang berisi jerami dan serutan pinus, yang sepertinya disukai oleh panda ini.

Tempat makanannya yang berisikan bambu ditaburi aroma-aroma favorit Bai Yun: kayumanis, wintergreen, peppermint dan spearmint, yang kemudia ia usapkan di wajahnya.

Para pengunjung juga menonton Bai bermain di ayunannya sambil sesekali menjilat madu yang tersedia di area bermainnya. Ia juga tampak senang memungut apel yang dilemparkan ke kolamnya.

"Pesta" ulang tahun Bai Yun ini berlangsung meriah, namun santai, kata Jennifer Becerra, salah seorang pawang senior di kebun binatang ini.

"Bai Yun jelas menjadi bintang perayaan ulang tahunnya ini," katanya.

"Ia tampak tidak terburu-buru. Ia keluar dari kamarnya dengan pelan-pelan, menikmati kayu manis dan madu di ayunannya lalu memutuskan untuk bermain dengan kotak-kotak hadiah dan menghancurkannya, ia lalu menghampiri kuenya dan ia butuh waktu 15 menit untuk menghabiskannya," ujar Becerra.

Bai Yun tiba di Kebun Binatang San Diego September 1996. Para pengasuhnya mengatakan ia selalu ingin tahu dan gemar bermain, menghibur para pengunjung dengan kemampuan akrobatiknya. Pada tahun 1999, ia melahirkan bayi pertamanya, Hua Mei. Ia lalu melahirkan lima anak lainnya - Mei Sheng di 2003, Su Lin di 2005, Zhen Zhen di 2007, Yun Zi di 2009, dan Xiao Liwu di 2012 - semua diperoleh melalui pembuahan alami.

Bai Yun dan Xiao Liwu di Kebun Binatang San Diego, California. (Courtesy: San Diego Zoo)

Bai Yun dan Xiao Liwu di Kebun Binatang San Diego, California. (Courtesy: San Diego Zoo)

Bai Yun adalah salah satu panda tertua yang diketahui dapat melahirkan. "Kesuburan"-nya telah membantu para ilmuwan dan pengasuhnya untuk mempelajari lebih banyak mengenai perilaku, kehamilan, kelahiran dan perawatan bayi panda.

Para pengasuh Bai Yun menyebutnya sebagai superstar. Ia mengatakan Bai Yun adalah ibu yang luar biasa, selalu merawat dengan baik anak-anaknya, bermain dan bergulat dengan anak-anaknya, dan memberikan mereka banyak perhatian.

"Saya belum terlalu lama jadi pengasuhnya," kata Becerra, "tapi yang jelas enam tahun belakangan ini sangat hebat. Ia mengajarkan saya banyak hal mengenai panda dan bagaimana caranya merawat mereka."

Kebun Binatang San Diego mengasuh dua panda lainnya. Selain Bai Yun, ada putranya Xiao Liwu, dan pasangan Bai Yun, Gao Gao.

Panda-panda ini berada di Kebun Binatang sebagai pinjaman dari pemerintah China sebagai bagian dari studi mengenai spesies yang terancam punah ini.

XS
SM
MD
LG