Tautan-tautan Akses

Pancuran Ala Antariksa Menghemat Air dan Uang


Mandi menggunakan air pancuran biasanya membuang air ke saluran pembuangan, tapi pancuran mandi ala antariksa bisa mengubah hal itu. Desain yang terinspirasi dari NASA bisa menghemat air dan uang.

Astronot tidak punya pilihan selain mendaur ulang air yang mereka gunakan di antariksa. Sekarang OrbSys Shower of the Future membawa konsep tersbut ke bumi. Pancuran mandi yang futuristik ini dibuat oleh Orbital Systems, sebuah perusahaan teknologi canggih. CEO perusahaan ini, Mehrdad Mahdjoubi, menciptakan pancuran mandi canggih ini.

"Pancuran mandi masa depan adalah pancuran mandi yang menggunakan air daur ulang, dan memungkinkan penghematan air sebanyak 90 persen, penghematan energi sampai 80 persen dan pada saat yang sama meningkatkan kenyamanan dan kebersihan. Air yang dikumpulkan di saluran pembuangan kemudian dianalisa dan dipompa kembali ke pancuran mandi. Lalu apa istimewanya teknologi pemurnian ini? Teknologi ini dibuat berdasarkan sistem pemurnian kapsul yang sudah dipatenkan yang menjamin airnya selalu bersih," jelasnya.

Mahdjoubi terinspirasi oleh sebuah proyek antara NASA dan Universitas Lund Swedia untuk membuat desain bagi misi antariksa ke Mars. Ia mengadaptasi sistem loop tertutup yang memungkinkan astronot terus-menerus menggunakan kembali air bekas mandi.

Produk ini telah diuji coba di Swedia, dan menghemat 100.000 liter air selama empat bulan. Berdasarkan hasil ini, Mahdjoubi yakin perusahaannya bisa mendistribusikan sistem pancuran mandi ini ke seluruh dunia.

"Pasar kami adalah semua orang yang mandi, dan sistem pancuran mandi ini bisa sangat berguna untuk diterapkan di tempat-tempat yang banyak mengkonsumsi air, seperti tempat-tempat permandian, gym, dan pusat olahraga. Dan juga rumahtangga di mana biaya air mahal dan penggunaannya tinggi," kata Mahdjoubi.

Desain yang "tiada bandingannya" ini telah memenangkan beberapa penghargaan bisnis dan inovasi.

XS
SM
MD
LG