Tautan-tautan Akses

Palestina Terima Rencana Perundingan Damai Perancis


Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyetujui tawaran untuk memulai kembali perundingan damai di Paris, Sabtu (4/6)/

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyetujui tawaran untuk memulai kembali perundingan damai di Paris, Sabtu (4/6)/

Presiden Abbas hari Sabtu mengatakan ia menyetujui tawaran Menlu Perancis Alain Juppe untuk melakukan perundingan damai di Paris.

Palestina menerima usul Perancis untuk menghidupkan lagi perundingan damai Timur Tengah dengan pertemuan di Paris.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas hari Sabtu mengatakan ia menyetujui tawaran Menteri Luar Negeri Perancis Alain Juppe itu hari Kamis. Namun, tidak ada indikasi Israel juga setuju.

Hari Kamis, Juppe mengatakan Perancis ingin menjadi tuan rumah pembicaraan antara Israel dan Palestina sebelum akhir Juli. Pembicaraan damai itu macet September lalu setelah Israel melanjutkan sebagian pembangunan permukiman yang tadinya dihentikan. Palestina menentang pembangunan di tanah yang mereka inginkan nantinya menjadi bagian dari negara mereka.

Perancis ingin menghidupkan kembali perundingan itu sebelum bulan September, ketika Palestina akan mengajukan petisi ke Perserikatan Bangsa-Bangsa agar mengakui negara Palestina.

Juppe telah bertemu secara terpisah dengan para pejabat Palestina dan Israel dalam seminggu ini. Ia mengatakan, kebuntuan pembicaraan antara kedua pihak tidak bisa lagi ditoleransi.

Juga hari Sabtu, ribuan warga Israel berpawai di Tel Aviv menyerukan agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengubah sikap dan membolehkan pembentukan negara Palestina.

XS
SM
MD
LG