Tautan-tautan Akses

Palestina Pertimbangkan Langkah Berikut bagi Keanggotaan di PBB


Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour berbicara kepada media di markas PBB di New York (3/11).

Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour berbicara kepada media di markas PBB di New York (3/11).

Ini setelah komisi PBB mengatakan bahwa Dewan Keamanan PBB menghadapi jalan buntu mengenai masalah tersebut.

Para pemimpin Palestina sedang mempertimbangkan langkah berikut dalam usaha mereka untuk menjadi anggota PBB, setelah komisi PBB mengatakan Dewan Keamanan menghadapi jalan buntu mengenai masalah tersebut.

Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan hari Jumat bahwa pemerintahnya akan dengan cepat memutuskan mengenai langkah berikut. Ia menambahkan bahwa penguasa Palestina bertekad untuk berhasil dalam permohonan Palestina untuk menjadi anggota PBB.

Mansour mengatakan demikian hari Jumat, tidak lama setelah komisi penerimaan anggota Dewan Keamanan menyetujui laporan yang mengatakan tidak ada konsensus di antara ke-15 anggota Dewan Keamanan mengenai permohonan keanggotaan Palestina.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan bertemu dengan para wakil Liga Arab pekan depan untuk membicarakan opsi.

Palestina mempunyai beberapa opsi. Mereka dapat meminta satu negara anggota Dewan Keamanan PBB untuk meminta penyelenggaraan pemungutan suara dalam dewan. Namun, kalau mereka menang dalam pemungutan suara yang diharuskan untuk persetujuan, Amerika mengatakan negara itu akan mem-veto usaha tersebut.

Palestina dapat juga mengajukan petisi kepada Majelis Umum PBB untuk meningkatkan status mereka, yang akan memperluas kemampuan mereka untuk turut dalam kegiatan PBB.

XS
SM
MD
LG