Tautan-tautan Akses

Palestina Minta Liga Arab Bantu Redakan Ketegangan dengan Israel

  • Kurt Achin

Tank Israel disiagakan di perbatasan dengan Jalur Gaza menyusul serangan roket oleh militan Palestina (8/4).

Tank Israel disiagakan di perbatasan dengan Jalur Gaza menyusul serangan roket oleh militan Palestina (8/4).

Presiden Mahmud Abbas telah menyerukan pertemuan darurat dengan Liga Arab, yang rencananya akan diadakan hari Minggu.

Palestina berupaya menempuh jalan diplomasi guna meredakan ketegangan antara Israel dan militan Hamas yang memerintah di Jalur Gaza.

Kantor berita Palestina Wafa mengatakan, Presiden Mahmud Abbas telah menyerukan pertemuan darurat dengan Liga Arab. Mengutip Sekjen Liga Arab Amir Mussa, kantor berita itu mengatakan pertemuan itu akan diadakan hari Minggu.

Pertemuan itu menyusul kekerasan selama tiga antara Gaza dan Israel yang telah menewaskan 18 orang Palestina.

Insiden terakhir terjadi hari Sabtu. Militer Israel menyerang Jalur Gaza menewaskan sedikitnya empat orang Palestina ketika roket-roket terus ditembakkan ke Israel selatan dari Palestina.

Israel mulai menyerang sejumlah sasaran di wilayah Palestina hari Kamis setelah sebuah roket yang diluncurkan dari Gaza menghantam sebuah bis sekolah di Israel, melukai seorang anak berusia 16 tahun dan pengemudi bis. PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, seragnan terhadap anak-anak sudah keterlaluan.

Namun, Hamas hari Sabtu mengatakan, serangan itu tidak bermaksud menyerang anak sekolah. Seorang jurubicara Hamas mengatakan, kelompok militan tidak tahu bahwa bis itu membawa anak-anak.

XS
SM
MD
LG