Tautan-tautan Akses

Palestina dan Negara-negara Pendukungnya Bahas Rancangan Resolusi PBB


Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Konsep awal rancangan Resolusi Dewan Keamanan PBB menandaskan ‘kekhawatiran mendalam’ dengan meningkatnya kekerasan dan memburuknya keadaan di wilayah Palestina akibat operasi militer Israel.

Palestina bersama negara-negara pendukungnya tengah membahas naskah Resolusi PBB yang mengutuk semua bentuk kekerasan terhadap penduduk sipil dalam konflik Israel-Palestina dan berseru ‘segera ditegakkan gencatan-senjata yang kekal dan sepenuhnya dipatuhi.’

Konsep awal rancangan Resolusi Dewan Keamanan PBB itu, yang diperoleh kantor berita Associated Press, menandaskan ‘kekhawatiran mendalam’ dengan meningkatnya kekerasan dan memburuknya keadaan di wilayah Palestina akibat operasi militer Israel, khususnya di daerah Gaza dan besarnya korban di kalangan penduduk sipil dan anak-anak.

Dewan Keamanan amat terpecah dan sering lumpuh dalam menangani konflik Israel-Palestina, dengan Amerika membela sekutu dekatnya Israel sementara bagian terbesar anggota Dewan membela Palestina.

Rancangan resolusi tadi tidak menyebut tentang ‘serangan roket terhadap Israel’ sehingga besar kemungkinan tidak dapat diterima oleh Amerika.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG