Tautan-tautan Akses

Pakistan: Pesawat-Tak-Berawak AS Tewaskan 3 Militan


Pesawat Tak Berawak Amerika (Drone) di Kandahar (Foto: dok).

Pesawat Tak Berawak Amerika (Drone) di Kandahar (Foto: dok).

Para pejabat intelijen Pakistan mengatakan serangan rudal pesawat tak berawak Amerika menewaskan paling sedikit tiga militan dan melukai dua lainnya di Pakistan barat laut.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan dua rudal mengenai sebuah rumah Jumat pagi (30/3) di Miran Shah, kota besar di Waziristan Utara, tempat berlindung utama bagi pemberontak Taliban dan al-Qaida.

Serangan itu dapat memperumit upaya Amerika untuk membuka kembali tempat penyeberangan perbatasan bagi perbekalan pasukan NATO di Afghanistan. Pakistan menutup perbatasan itu bulan November sebagai balasan atas serangan udara Amerika yang menewaskan 24 tentara Pakistan.

Hari Rabu, jenderal-jenderal Amerika yang mengawasi perang Afghanistan, James Mattis dan John Allen, bertemu dengan pimpinan angkatan bersenjata Pakistan Jenderal Ashfaq Parvez Kayani untuk pertama kalinya sejak serangan yang menewaskan tentara Pakistan itu.

Presiden Amerika Barack Obama dan Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani bertemu hari Selasa pada pertemuan puncak nuklir di Seoul.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan pertemuan itu merupakan upaya kedua pihak untuk memperbaharui hubungan segera dan membuka kembali rute perbekalan NATO ke Afghanistan.

Tetapi, parlemen negara itu harus membuat rekomendasi mereka yang terakhir sebelum perundingan resmi antara kedua negara dapat dimulai.
XS
SM
MD
LG