Tautan-tautan Akses

Pakistan Berhasil Uji-coba Misil


 Militer Pakistan telah berhasil menguji-coba Misil Hatf-4 (Shaheen-1) versi terbaru (Foto: dok).

Militer Pakistan telah berhasil menguji-coba Misil Hatf-4 (Shaheen-1) versi terbaru (Foto: dok).

Militer Pakistan mengatakan mereka berhasil menguji-coba misil Shaheen-1 versi terbaru yang mampu mengenai sasaran di India dengan senjata nuklir, dan diperkirakan mempunyai jarak jangkau lebih jauh.

Percobaan misil itu dilakukan kurang dari seminggu setelah India mengklaim telah berhasil menguji-coba misil baru yang mampu membawa hulu ledak nuklir sampai sejauh Beijing. Para pejabat India mengatakan bahwa peluncuran percobaan itu menunjukkan India telah setara dengan negara-negara berkekuatan misil di dunia.

Misil Agni-V India mempunyai jangkauan lima ribu kilometer dan telah disebut sebagai lompatan jauh dalam kemampuan strategi India, yang mampu membawa hulu ledak nuklir sampai sejauh ibukota Tiongkok dan Shanghai.

Suratkabar partai komunis Tiongkok, Global Times, menanggapi peluncuran percobaan India itu dengan mengeluarkan peringatan bahwa India 'sama sekali tidak berdaya dalam perlombaan senjata menyeluruh dengan Tiongkok' dalam waktu yang lama.

Analis pertahanan India Kapil Kak telah mengatakan India tampaknya semakin khawatir akan kerjasama Tiongkok dan Pakistan dalam kemungkinan menghadapi India. Kalau ini terjadi, India harus bersiap-siap akan perang di dua front.

India telah menguji-coba sistem pertahanan misil balistik sejak tahun 2006. Kalau ini berhasil, India akan menjadi satu dari sedikit negara yang mempunyai pertahanan misil yang berfungsi.

India dan Pakistan telah berperang tiga kali sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1947.
XS
SM
MD
LG