Tautan-tautan Akses

Pakistan Tuduh Pasukan India Tewaskan 4 Warga Sipil


Dua warga India di pinggiran Jammu, India dekat perbatasan Pakistan, memeriksa rumahnya yang terkena tembakan dari Pakistan (3/1).

Dua warga India di pinggiran Jammu, India dekat perbatasan Pakistan, memeriksa rumahnya yang terkena tembakan dari Pakistan (3/1).

Pakistan mengatakan penembakan tanpa sebab oleh pasukan keamanan perbatasan India telah menewaskan empat warga sipil hari Senin (5/1).

Pakistan dan India terlibat baku tembak hari Senin (5/1) di perbatasan Kashmir yang tegang, dan pejabat-pejabat mengatakan empat warga sipil dan seorang tentara tewas dalam pertempuran itu.

Pernyataan militer Pakistan mengatakan pasukan India melepaskan tembakan terhadap warga sipil di sektor Zafarwal, menewaskan empat orang di kawasan yang disebut sebagai “Working Boundary” – kawasan yang memisahkan wilayah Kashmir yang dikuasai India dengan wilayah Pakistan.

Militer Pakistan menyatakan pasukan India juga menarget warga sipil Shakarghar di dekat perbatasan.

Sebelumnya, kantor berita Associated Press melaporkan tembakan Pakistan menewaskan seorang tentara India di sektor Samba, di bagian utara Kashmir.

India dan Pakistan sesekali baku tembak melintasi Working Boundary selama beberapa bulan belakangan ini, melanggar gencatan senjata yang disepakati bersama pada tahun 2003, meskipun kedua pihak saling menuduh pihak lain yang mula-mula melepaskan tembakan.

Bentrokan terburuk terjadi pada bulan Oktober sewaktu sembilan orang tewas di wilayah yang dikuasai India dan sembilan lainnya di wilayah Pakistan, sementara ribuan warga desa terpaksa mengungsi.

Ketegangan bilateral terus meningkat tidak lama setelah bentrokan di perbatasan, merusak harapan bagi segera dimulainya kembali dialog perdamaian yang macet, yang bertujuan untuk menormalisasi hubungan.

XS
SM
MD
LG