Tautan-tautan Akses

Pakistan Tuduh Agen Afghanistan Intimidasi Staf Diplomatiknya


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qazi Kahlilullah mendesak pemerintah Afghanistan melindungi staf diplomatik Pakistan di sana (foto: dok).
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qazi Kahlilullah mendesak pemerintah Afghanistan melindungi staf diplomatik Pakistan di sana (foto: dok).

Pemerintah Pakistan telah menuntut Afghanistan agar memastikan perlindungan bagi staf diplomatik dan staf kedutaan Pakistan di Kabul.

Pakistan menuntut Afghanistan agar memastikan perlindungan bagi staf diplomatik dan kompleks kedutaan dan tempat tinggal staf kedutaan Pakistan di Kabul, di mana para pejabat Pakistan mengatakan agen-agen Afghanistan mengintimidasi stafnya, terutama mereka yang tinggal di luar kompleks kedutaan.

Para pejabat dalam misi diplomatik Pakistan di Kabul juga telah melaporkan ancaman penculikan terhadap anggota staf kedutaan Pakistan.

Perkembangan, mengatakan para pejabat, telah memaksa personil kedutaan untuk membatasi gerakan dan sebagian besar dari mereka telah pindah ke kompleks kedutaan alasan keamanan.

Tuduhan insiden penculikan itu terjadi di kompleks Sher-e-Nau di Kabul awal pekan ini ketika “kawanan pria tak dikenal berusaha menculik seorang pejabat kedutaan Pakistan.”

Berbicara di Islamabad hari Kamis (27/8), juru bicara Kementerian Luar Negeri Qazi Kahlilullah mendesak pemerintah Afghanistan agar mengambil langkah-langkah untuk mencegah insiden tersebut, dan mengatakan keamanan personil diplomatik Pakistan di Afghanistan adalah prioritas utama.

Pemerintah Afghanistan belum berkomentar tentang tuduhan itu.

Ketegangan dalam hubungan bilateral telah berkembang sejak awal bulan ini ketika Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menuduh Pakistan tidak berbuat cukup untuk menghentikan militan Taliban menggunakan kamp-kamp pelatihan di perbatasan untuk melancarkan serangan mematikan di Afghanistan.

Pakistan membantah tuduhan itu dan mengatakan telah melakukan segala upaya untuk membantu upaya perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan.

Recommended

XS
SM
MD
LG