Tautan-tautan Akses

Pakistan Tolak Tuduhan India Terkait Serangan Mumbai


Sekjen Deplu India Ranjan Mathai (kanan) dan Sekjen Deplu Pakistan Jalil Abbas Jilani menggelar konferensi pers bersama di New Delhi, India (5/7).
Sekjen Deplu India Ranjan Mathai (kanan) dan Sekjen Deplu Pakistan Jalil Abbas Jilani menggelar konferensi pers bersama di New Delhi, India (5/7).

Sekjen Departemen Luar Negeri Pakistan Jalil Abbas Jilani membantah tuduhan India mengenai keterlibatan Pakistan dalam serangan Mumbai tahun 2008.

Pakistan telah menolak tuduhan baru India mengenai keterlibatan Pakistan dalam serangan teror tahun 2008 yang menewaskan 166 orang di ibukota keuangan India, Mumbai.

Sekjen Departemen Luar Negeri Pakistan Jalil Abbas Jilani membantah tuduhan tersebut hari Kamis (5/7), setelah mengakhiri pembicaraan dua hari di New Delhi dengan Sekjen Departemen Luar Negeri India, Ranjan Mathai.

Menteri Dalam Negeri India P.Chidambaram mengatakan hari Rabu (4/7), meskipun insiden itu terjadi di Mumbai, ada ruang pengawas di Pakistan sebelum dan saat insiden tersebut terjadi. Dia menuduh pemerintah Pakistan mendukung serangan tersebut.

Sebelumnya pekan ini, Jilani berjanji kepada India untuk mendukung usaha India melawan terorisme, dan menjanjikan dukungan Pakistan untuk penyelidikan bersama atas serangan Mumbai itu. Dia juga mendesak New Delhi agar berbagi informasi mengenai seorang tersangka utama yang kata para pejabat India telah mengklaim bahwa serangan itu dikoordinasikan di Pakistan, dengan dukungan negara Pakistan.

India menangkap tersangka Zabiuddin Ansari (juga dikenal sebagai Abu Jindal) bulan lalu. Para penyelidik melaporkan bahwa Ansari mengatakan dia dan pendiri kelompok militan Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan, berada di sebuah ruang pengawas di Karachi ketika serangan itu terjadi.

India menuding Lashkar-e-Taiba sebagai pelaku serangan di Mumbai itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG