Tautan-tautan Akses

Pakistan Tegaskan Menentang Serangan Pesawat Tak Berawak AS


Penggunaan pesawat tanpa awak secara terbatas dalam kebijakan kontraterorime AS yang menarget Al Qaida dan afiliasinya banyak mendapat kecaman.

Penggunaan pesawat tanpa awak secara terbatas dalam kebijakan kontraterorime AS yang menarget Al Qaida dan afiliasinya banyak mendapat kecaman.

Pakistan menegaskan kembali penentangannya terhadap serangan pesawat tak berawak AS di wilayahnya, setelah Presiden Obama menyetujui penggunaan serangan pesawat tak berawak secara terbatas untuk misi penyelamatan.

Kementerian Luar Negeri Pakistan hari Jumat menyatakan serangan-serangan pesawat tanpa awak kontraproduktif, menewaskan warga sipil tak bersalah, memiliki implikasi HAM, serta melanggar kedaulatan nasional dan hukum internasional.

Namun, disebutkan bahwa Pakistan menyambut baik pengakuan Obama bahwa “kekuatan saja tidak dapat membuat kita aman.”

Dalam pidato penting hari Kamis mengenai kebijakan kontraterorisme Amerika, Obama mengatakan militer Amerika lebih memilih untuk menangkap, menginterogasi dan mengadili para teroris, daripada menggunakan pesawat-pesawat tak berawak. Ia mendukung serangan-serangan pesawat tak berawak, suatu taktik militer rahasia yang jarang dibahas, yang secara khusus menarget al-Qaida dan afiliasi-afiliasinya.

Presiden Obama mengatakan aksi militer Amerika di negara lain berdampak pada opini masyarakat di luar negeri dan berisiko menciptakan semakin banyak musuh. Tetapi ia mengatakan Amerika tidak dapat membiarkan teroris membuat kubu pertahanan di mana mereka dapat merencanakan dan melancarkan serangan maut.
XS
SM
MD
LG