Tautan-tautan Akses

Pakistan Tangkap Pemimpin Senior al-Qaida


Gambar tokoh al-Qaida, Younis al-Mauritani yang terpasang pada website pemerintah Pakistan (5/9).

Gambar tokoh al-Qaida, Younis al-Mauritani yang terpasang pada website pemerintah Pakistan (5/9).

Pemimpin Al-Qaida itu adalah Younis al-Mauritani, yang ditangkap dalam suatu operasi yang dibantu oleh dinas intelijen Amerika.

Militer Pakistan menyatakan telah menangkap seorang pemimpin senior al-Qaida dan dua anggota lain kelompok teroris itu, dalam suatu operasi yang dibantu oleh dinas intelijen Amerika.

Menurut pernyataan militer itu, pemimpin senior yang ditangkap adalah Younis al-Mauritani, yang disebut-sebut ditugaskan oleh Osama bin Laden untuk menarget kepentingan-kepentingan ekonomi di Amerika, Eropa dan Australia. Dua tahanan lainnya tidak disebutkan namanya.

Militer menyatakan operasi itu berlangsung di kota Quetta, di bagian selatan, tetapi tidak merinci kapan kejadiannya.

Pakistan mendapat tekanan kuat dari Amerika untuk menindak lebih keras al-Qaida sejak pasukan khusus Amerika menemukan bin Laden di sebuah kota di Pakistan pada bulan Mei dan membunuhnya.

Operasi rahasia yang menarget bin Laden itu semakin mempertegang hubungan antara Pakistan dan Amerika, menimbulkan pertanyaan di Washington mengenai apakah dinas-dinas intelijen Pakistan tahu bahwa pemimpin al-Qaida itu tinggal di negara tersebut.

XS
SM
MD
LG