Tautan-tautan Akses

Pakistan Siap Jamu Pembicaraan Perdamaian


Para pemimpin pembicaraan damai Afghanistan dalam sebuah konferensi pers di Kabul, Afghanistan, Sabtu, 9 Januari 2016.

Para pemimpin pembicaraan damai Afghanistan dalam sebuah konferensi pers di Kabul, Afghanistan, Sabtu, 9 Januari 2016.

Pakistan sudah siap untuk menjadi tuan rumah pembicaraan 4 negara hari Senin mengenai dihidupkannya kembali proses perdamaian Afghanistan. Disamping tuan-rumah Pakistan, pembicaraan itu akan dihadiri oleh Afghanistan, China, dan Amerika Serikat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan Ahmad Shekib Mostaghni mengatakan hari Sabtu para wakil yang akan mengadakan pertemuan di Islamabad itu akan membicarakan “peta jalan untuk pembicaraan perdamaian.” Pembicaraan itu disepakati dalam kunjungan ke Kabul oleh pimpinan angkatan bersenjata Pakistan, Jenderal Raheel Sharif, bulan Desember lalu.

Pakistan diyakini mempunyai pengaruh terhadap Taliban, tetapi hubungannya dengan Afghanistan telah tegang dalam beberapa bulan ini. Kedua negara telah saling menuduh mendukung Taliban dan pemberontak lain yang beroperasi di perbatasan mereka yang tidak dijaga ketat itu. Para pemimpin Taliban diyakini luas berbasis di kota-kota Pakistan dekat perbatasan Afghanistan, termasuk Quetta dan Peshawar. [gp]

XS
SM
MD
LG