Tautan-tautan Akses

Pakistan Selidiki Video Tentaranya Eksekusi Para Tahanan


Tentara Pakistan menangkap para anggota militan.

Tentara Pakistan menangkap para anggota militan.

Sebuah dewan militer akan menyelidiki apakah orang-orang bersenjata dalam video itu benar-benar tentara Pakistan.

Kepala angkatan bersenjata Pakistan telah memerintahkan dilakukannya penyelidikan mengenai sebuah video yang beredar di Internet yang memperlihatkan beberapa pria yang mengenakan seragam militer Pakistan melakukan eksekusi terhadap sejumlah tahanan yang matanya ditutup kain dan berpakaian preman.

Jenderal Ashfaq Parvez Kayani mengumumkan dalam sebuah pernyataan hari ini bahwa sebuah dewan militer Pakistan akan melakukan investigasi apakah orang-orang bersenjata dalam video itu benar-benar tentara Pakistan. Dia mengatakan bahwa anggota kelompok militan pernah terlihat mengenakan seragam tentara pada masa lalu.

Gambar video yang kurang jelas berdurasi lima setengah menit itu memperlihatkan tentara Pakistan menembaki enam orang pria yang berdiri berjejer, mata mereka terbalut kain dan tangan mereka terikat. Setelah keenam pria itu tersungkur ke tanah, para tentara itu mendekati mereka dan kembali menembaki tubuh keenam pria itu.

Kelompok yang merilis video itu menyebut bahwa gambar video itu berasal dari Lembah Swat, di mana militer Pakistan melakukan ofensif besar-besaran terhadap militan Taliban tahun 2009.

XS
SM
MD
LG