Tautan-tautan Akses

Pakistan: Pesawat Tak Berawak Tewaskan 6 Militan


Pesawat tak berawak Amerika yang dipakai dalam operasi di perbatasan Afghanistan-Pakistan (foto: dok).

Pesawat tak berawak Amerika yang dipakai dalam operasi di perbatasan Afghanistan-Pakistan (foto: dok).

Pesawat itu menembakkan dua misil hari Selasa (15/11) di Miranshah, kota utama di daerah suku terpencil Waziristan Utara, Pakistan, yang dicurigai sebagai kompleks persembunyian kelompok militan.

Para pejabat keamanan Pakistan mengatakan serangan yang dicurigai dilakukan pesawat tak berawak Amerika menewaskan paling sedikit enam militan dekat perbatasan negara itu dengan Afghanistan.

Para pejabat mengatakan pesawat itu menembakkan dua misil hari Selasa terhadap yang dicurigai kompleks militan di Miranshah, kota utama di daerah suku terpencil Waziristan Utara, Pakistan.

Daerah itu dikenal sebagai basis Taliban dan militan yang terkait al-Qaida. Pakistan telah mendapat tekanan yang semakin meningkat untuk berbuat lebih banyak untuk membongkar tempat persembunyian yang telah diciptakan oleh militan Afghanistan di daerah-daerah suku terpencil.

Para pejabat Amerika belum pernah secara terbuka mengakui penggunaan serangan pesawat tak berawak terhadap militan di Pakistan, tetapi secara diam-diam mereka telah mengukuhkan adanya serangan tersebut kepada berbagai media.

Pakistan telah mengutuk serangan itu sebagai pelanggaran kedaulatannya, tetapi serangan tersebut diyakini dilaksanakan dengan pertolongan intelijen Pakistan.

XS
SM
MD
LG