Tautan-tautan Akses

Pakistan: Pemimpin Taliban Afghanistan Telah Dibebaskan


Pakistan menegaskan bahwa pemimpin Taliban, Mullah Baradar (tengah) sudah dibebaskan (foto: dok).

Pakistan menegaskan bahwa pemimpin Taliban, Mullah Baradar (tengah) sudah dibebaskan (foto: dok).

Pakistan membantah klaim Taliban Afghanistan bahwa tokoh tertinggi kedua kelompok itu, Mullah Baradar, belum dibebaskan seperti dijanjikan Pakistan.

Dalam pesan sms kepada wartawan, jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Aizaz Ahmad Chaudry, mengatakan Baradar telah bebas.

Sejauh yang menyangkut kepentingan Pakistan, kata Chaudry, Baradar bebas untuk pergi dan melakukan kontak dengan siapapun untuk memajukan rekonsiliasi.

Taliban Afghanistan mempersoalkan pengumuman Pakistan bulan lalu bahwa Baradar telah dibebaskan dari tahanan. Jurubicara Taliban hari Rabu mengatakan Baradar masih berada dalam penjara Pakistan dalam kondisi kesehatan buruk.

Sebagai pendiri Taliban, Baradar dianggap sebagai tokoh yang dapat memegang peran penting dalam membuka kembali perundingan perdamaian yang macet antara Afghanistan dan Taliban. Ia adalah sekutu dekat ketua Taliban, Mullah Mohammad Omar, dan memegang jabatan penting politik dan militer ketika Taliban berkuasa di Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai hari Senin mengatakan, kebebasan Baradar masih terbatas, dan pemerintah berusaha menghubunginya.
XS
SM
MD
LG