Tautan-tautan Akses

Pakistan Menyayangkan Cara Penumpasan Polio India


Seorang anak Pakistan mendapatkan vaksin polio dari petugas kesehatan di Islamabad, 26 November 2013.

Seorang anak Pakistan mendapatkan vaksin polio dari petugas kesehatan di Islamabad, 26 November 2013.

India mewajibkan wisatawan dari Pakistan, baik anak-anak maupun dewasa, untuk menjalani vaksinasi polio sebelum melakukan perjalanan ke India.

Para pejabat di Pakistan telah mengecam pembatasan perjalanan antar negara yang baru-baru ini ditetapkan India sebagai "berlebihan."

India telah memberlakukannya untuk mencegah virus polio memasuki negara itu.

Pakistan, Nigeria dan Afghanistan adalah tiga negara di dunia di mana penyakit yang melumpuhkan itu masih endemik.

Pekan lalu, misi diplomatik India di Islamabad mengumumkan bahwa wisatawan dari Pakistan, baik anak-anak maupun orang dewasa, wajib menjalani vaksinasi polio minimal enam minggu sebelum melakukan perjalanan ke India.

Misi itu mengatakan bahwa kebijakan, yang akan mulai berlaku tanggal 30 Januari 2014 itu, bertujuan menjaga status bebas polio di India yang dicapai berkat upaya dan investasi berkesinambungan.

Tapi pemerintah Pakistan mengecam kebijakan itu.

Penasihat keamanan nasional dan urusan luar negeri Pakistan, Sartaj Aziz, memberitahu wartawan di Islamabad Sabtu malam bahwa larangan polio India itu sangat disayangkan dan merupakan reaksi yang berlebihan karena orang-orang yang bepergian dari Afghanistan tidak menghadapi pembatasan tersebut.

Dia menambahkan bahwa Pakistan sedang memperkuat gerakan anti polio sehingga penyakit itu tidak menjadi dalih untuk menolak visa bagi orang Pakistan.
Namun pejabat India berkilah bahwa kebijakan baru ini berlaku untuk wisatawan dari semua negara di mana polio endemik atau di mana korban dilaporkan, tidak hanya dari Pakistan.
XS
SM
MD
LG