Tautan-tautan Akses

Pakistan Kutuk Serangan Pesawat Tak Berawak


PM Nawaz Sharif menyerukan dihentikannya serangan misil tak berawak AS, yang menurutnya melanggar kedaulatan Pakistan (foto: dok).

PM Nawaz Sharif menyerukan dihentikannya serangan misil tak berawak AS, yang menurutnya melanggar kedaulatan Pakistan (foto: dok).

Pakistan mengutuk serangan pesawat tak berawak yang diduga dilakukan Amerika Serikat di wilayah kesukuan di Pakistan barat laut menewaskan 17 tersangka militan.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Pakistan yang dikeluarkan beberapa jam setelah serangan hari Rabu itu mengatakan, serangan pesawat tak berawak adalah kontra produktif dan mengandung implikasi hak asasi dan kemanusiaan.

Para pejabat Pakistan mengatakan, pesawat tak berawak menembakkan empat misil ke sebuah bangunan didekat pasar besar Miransah, Waziristan Utara. Ditambahkan, serangan tampaknya menarget jaringan Haqqani yang terkait al-Qaida.

Serangan hari Rabu itu merupakan yang kedua sejak PM Pakistan Nawaz Sharif dilantik setelah menang dalam pemilu bulan Mei.

Sharif bulan Juni memanggil seorang pejabat kedutaan besar Amerika Serikat untuk menyampaikan protes resmi mengenai serangan pesawat tak berawak, beberapa jam setelah sebuah serangan misil di Waziristan Utara. Sharif telah menyerukan dihentikannya serangan misil tak berawak, yang menurutnya melanggar kedaulatan negara itu.

Juga hari Rabu, Kementerian luar negeri Pakistan membantah tuduhan Panglima tentara Afghanistan bahwa tentara Pakistan terlibat dalam serangan pesawat tak berawak di Afghanistan, tuduhan yang disebutnya sebagai upaya memfitnah Pakistan.
XS
SM
MD
LG