Tautan-tautan Akses

Pakistan, Iran akan Tingkatkan Hubungan Dagang dan Keamanan Perbatasan


PM Pakistan Nawaz Sharif (kanan) menyambut kedatangan tamunya, Presiden Iran Hassan Rouhani di Islamabad hari Jumat (25/3).

PM Pakistan Nawaz Sharif (kanan) menyambut kedatangan tamunya, Presiden Iran Hassan Rouhani di Islamabad hari Jumat (25/3).

Presiden Iran Hassan Rouhani tiba di Islamabad hari Jumat (25/3) dan mengadakan pembicaraan luas dengan Perdana Menteri Nawaz Sharif.

Dalam pembicaraan dengan para pemimpin di negara tetangganya Pakistan Presiden Iran Hassan Rouhani berjanji akan meningkatkan perdagangan, keamanan dan kerjasama energi antara kedua negara setelah dicabutnya sanksi-sanksi ekonomi internasional terhadap Iran.

Rouhani tiba di Islamabad hari Jumat (25/3) dalam kunjungan dua hari, yang pertama ke negara itu sejak menjabat dan mengadakan pembicaraan luas dengan Perdana Menteri Nawaz Sharif.

Kedua pemimpin berbicara sebentar dengan wartawan setelah pertemuan itu dan mengumumkan penandatanganan beberapa MOU untuk meningkatkan lebih jauh kerja sama bilateral dalam bidang ekonomi dan sosial.

Sharif mengatakan “hubungan ekonomi kita terganggu karena sanksi-sanksi yang diberlakukan terhadap Iran. Dalam pembicaraan hari ini kami menekankan kembali tekad kita untuk meningkatkan kerjasama bilateral di berbagai bidang termasuk perdagangan, ekonomi dan energi”.

Ia menambahkan kedua pihak juga memutuskan untuk membuka dua pos perbatasan baru untuk memudahkan kegiatan perdagangan dan kontak antar rakyat Pakistan dan Iran. [my/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG