Tautan-tautan Akses

Pakistan Ijinkan NATO Kirim Bahan Pangan ke Afghanistan


Seorang tentara Pakistan menjaga perbatasan Pakistan-Afghanistan tempat truk-truk NATO biasa mengisi pasokan bagi pasukannya di Afghanistan (foto: dok).

Seorang tentara Pakistan menjaga perbatasan Pakistan-Afghanistan tempat truk-truk NATO biasa mengisi pasokan bagi pasukannya di Afghanistan (foto: dok).

Pakistan mengatakan NATO untuk sementara waktu diijinkan mengirim bahan pangan bagi tentaranya di Afghanistan negara tetangga Pakistan.

Keputusan itu dikeluarkan kurang dari tiga bulan setelah Pakistan menutup perbatasannya bagi konvoi pasokan NATO yang melintasi perbatasan menuju Afghanistan setelah serangan lintas perbatasan oleh pasukan koalisi yang menewaskan 24 tentara Pakistan akhir November lalu.

Menteri Pertahanan Pakistan Ahmed Mukhtar hari Selasa mengatakan pemerintahnya akan mengijinkan NATO menggunakan wilayah udara Pakistan untuk menerbangkan bahan-bahan yang tidak tahan lama ke Afghanistan untuk sementara . Menteri Mukhtar mengatakan ia sudah meminta koalisi agar tidak lagi memesan barang yang tidak tahan lama seperti, bahan pangan..

Hubungan Amerika-Pakistan mencapai titik terendah baru setelah serangan 26 November yang mematikan terhadap dua pos militer Pakistan di perbatasan Afghanistan.

Perkembangan ini terjadi selagi pihak berwenang di Pakistan hari Selasa menahan sebentar pegawai kedutaan Amerika setelah petugas keamanan bandara menemukan peluru di kopernya.

Para pejabat mengatakan warga Amerika itu hendak terbang dari kota Peshawar, Pakistan barat laut ke ibukota Islamabad ketika ia ditahan polisi. Ia diserahkan ke konsulat Amerika beberapa jam kemudian.

XS
SM
MD
LG