Tautan-tautan Akses

Pakistan Hitung Suara Pasca Pemilu


Seorang pemilih perempuan memperlihatkan jempolnya yang bertanda tinta setelah memberikan suaranya dalam pemilihan umum di Lahore, Pakistan (11/5). (APK.M. Chaudary)

Seorang pemilih perempuan memperlihatkan jempolnya yang bertanda tinta setelah memberikan suaranya dalam pemilihan umum di Lahore, Pakistan (11/5). (APK.M. Chaudary)

Penghitungan suara sedang dilaksanakan setelah warga Pakistan memberikan suara dalam pemilihan umum.

Para pejabat mengatakan waktu pemungutan suara Sabtu (11/5) diperpanjang satu hingga tiga jam di beberapa daerah untuk mengakomodasi jumlah pemilih yang sangat banyak guna memilih para anggota parlemen yang akan duduk dalam Majelis Nasional.

Beberapa insiden aksi kekerasan yang terjadi Sabtu menewaskan 17 orang dan keamanan diperketat hampir sepanjang hari//

Dua ledakan bom di Karachi menewaskan sedikitnya 10 orang dalam sebuah sebuah kantor kampanye politik milik Partai Nasional Awami – salah satu partai yang menjadi target serangan Taliban. Beberapa penembakan di provinsi barat daya Baluchistan menewaskan sedikitnya empat orang.

Lebih dari 100 orang tewas dan luka-luka dalam beberapa serangan yang terjadi sejak akhir April karena Taliban berupaya mengacaukan pemilu tersebut. Anggota-anggota Taliban telah memperingatkan akan adanya serangan bunuh diri pada hari pemungutan suara.

Politisi dan mantan atlet kriket Pakistan, Imran Khan, memimpin Partai PTI dan menantang dua partai yang telah menguasai politik Pakistan sejak lama. Tetapi Khan, yang populer di kalangan pemilih muda, cedera dalam sebuah kecelakaan awal pekan ini dan kini dirawat di rumah sakit sehingga tidak bisa berkampanye langsung.

Mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif memimpin Liga Muslim Pakistan yang diperkirakan akan memenangkan suara mayoritas dalam Majelis Nasional.
XS
SM
MD
LG