Tautan-tautan Akses

Pakistan Buka Kembali Jalur-jalur Suplai NATO


Truk-truk pembawa suplai NATO memulai kembali pengiriman ke Afghanistan melalui Pakistan (Foto: dok).

Truk-truk pembawa suplai NATO memulai kembali pengiriman ke Afghanistan melalui Pakistan (Foto: dok).

Truk- truk pembawa suplai NATO memulai kembali operasi pengiriman ke Afghanistan melalui Pakistan, menyusul kesepakatan Amerika-Pakistan yang mengakhiri blokade Pakistan yang berlangsung lama.

Di kota pelabuhan Karachi, Pakistan, para supir dan pekerja lainnya menyiapkan truk-truk mereka yang tadinya diistirahatkan untuk mengirim barang. Namun, sementara para supir bersiap memulai kembali pengiriman, asosiasi truk negara itu mengajukan permohonan ke pemerintah untuk mendapatkan perlindungan tambahan.

Pakistan Taliban bersumpah untuk melanjutkan serangan terhadap konvoi-konvoi NATO segera setelah Pakistan, hari Selasa, sepakat untuk membuka kembali rute-rute tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengumumkan pembukaan kembali rute-rute tersebut setelah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar melalui telepon. Ia mengatakan mereka berdua menyesali kerugian yang dialami kedua negara dalam perang melawan teroris dan bahwa Amerika menyesali kerugian yang dialami militer Pakistan.

Pakistan menutup jalur-jalur suplainya setelah serangan udara Amerika yang secara keliru menewaskan 24 tentara Pakistan di perbatasan Afghanistan, November lalu.

Kabinet Pakistan mengadakan pertemuan Rabu untuk mendukung keputusan yang dibuat oleh komisi pertahanan negara itu sehari sebelumnya. Islamabad mengatakan, pembukaan kembali rute-rute suplai tersebut akan membantu memfasilitasi proses transisi di Afghanistan. Pasukan tempur internasional dijadwalkan akan meninggalkan Afghanistan sebelum tahun 2014.
XS
SM
MD
LG