Tautan-tautan Akses

Pakistan Bantah Taliban Kirim Ratusan Pejuang ke Suriah


Ratusan pejuang Taliban dilaporkan berangkat ke Suriah untuk membantu pemberontak melawan pasukan Suriah (foto: dok).

Ratusan pejuang Taliban dilaporkan berangkat ke Suriah untuk membantu pemberontak melawan pasukan Suriah (foto: dok).

Kementerian Luar Negeri Pakistan hari Selasa (16/7) membantah laporan yang mengatakan ratusan pejuang Taliban Pakistan berangkat ke Suriah untuk bertempur di sana.

Kementerian Luar Negeri Pakistan membantah sejumlah laporan yang mengatakan para pejuang Taliban Pakistan berangkat ke Suriah untuk berjuang disisi pemberontak Sunni yang menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Juga hari Selasa, jurubicara Menteri Dalam Negeri Pakistan mengatakan para pejabat intelijen dan polisi Pakistan belum mengkonfirmasi bahwa ada pejuang Taliban yang berangkat ke Suriah.

Para komandan Taliban Pakistan mengklaim telah mendirikan kam-kamp di Suriah dan mengirim ratusan orang untuk berjuang bersama pemberontak Sunni disana.

Para komandan senior Tekrik-e-Taliban yang berbasis di Pakistan minggu ini menyebut pihak pemberontak Suriah sebagai “saudara Muslim” Taliban dan “sahabat Arab.” Seorang komandan berjanji merilis video-video kemenangan Taliban Pakistan di Suriah.

Kabar ini bukan yang pertama mengenai pejuang Sunni asing yang berbondong-bondong ke Suriah untuk ikut dalam apa yang mereka anggap sebagai perang suci melawan Muslim Syiah.

Arus pejuang asing itu semakin memperumit upaya Amerika membantu pemberontak, khususnya selagi Washington mempertimbangkan mempersenjatai warga Suriah yang berjuang melawan pemerintahan Assad.
XS
SM
MD
LG