Tautan-tautan Akses

Pakistan akan Resmikan Gerbang Penyeberangan Perbatasan


Anggota pasukan keamanan Pakistan memantau perbatasan dengan Afghanistan di dekat Torkham, Pakistan, Juni 2016 (foto: dok).

Anggota pasukan keamanan Pakistan memantau perbatasan dengan Afghanistan di dekat Torkham, Pakistan, Juni 2016 (foto: dok).

Pakistan berencana meresmikan gerbang yang baru dibangun di tempat penyeberangan perbatasan dengan Afghanistan yang ramai tanggal 1 Augustus mendatang.

Gerbang penyeberangan perbatasan itu memungkinkan pihak berwenang memantau dengan lebih baik dan mencegah orang keluar-masuk dengan ilegal, kata pejabat Pakistan hari Senin (25/7).

Keberatan Afghanistan atas pembangunan gerbang penyeberangan di Torkham itu menimbulkan pertempuran perbatasan berhari-hari antara kedua negara, di mana 4 tentara tewas dan puluhan lagi, termasuk warga sipil, luka-luka bulan lalu.

Mayor Jenderal Abid Nazeer dari kementerian pertahanan mengungkapkan rencana peresmian itu ketika memberi keterangan kepada Komisi Pertahanan Senat Pakistan mengenai usaha mengekang terrorist dan perjalanan illegal manusia dan kendaraan menyeberangi perbatasan Afghanistan sepanjang 2.600 kilometer itu, yang disebut Garis Durand.

Pertemuan peresmian para pejabat tinggi militer dan sipil dari kedua negara untuk membicarakan pengelolaan perbatasan dan masalah keamanan yang sehubungan akan diadakan hari Selasa di Kabul.

Kelompok kerja teknis bersama dibentuk bulan lalu untuk mengatasi keprihatinan bersama dan memastikan kegiatan pembangunan masa depan tidak akan lagi menimbulkan tembak-menembak di perbatasan. [gp]

XS
SM
MD
LG