Tautan-tautan Akses

Paket Penyelamatan Ekonomi Irlandia Bisa Capai 123 Miliar Dolar


Perdana Menteri Irlandia, Brian Cowen bicara kepada media hari Minggu, setelah negaranya resmi meminta bantuan kepada UE dan IMF.

Perdana Menteri Irlandia, Brian Cowen bicara kepada media hari Minggu, setelah negaranya resmi meminta bantuan kepada UE dan IMF.

Besarnya paket penyelamatan dari Uni Eropa dan IMF itu diperkirakan akan berkisar antara 110 sampai 123 miliar dolar.

Pejabat Uni Eropa mulai menyusun perincian dari sebuah paket penyelamatan untuk ekonomi Irlandia yang sedang terpuruk, sehari setelah Dublin menerima tawaran blok itu untuk memberi bantuan finansial.

Pejabat mengatakan Senin, besarnya paket penyelamatan dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional itu akan berkisar sekitar 110 sampai 123 miliar dolar, sedikit lebih kecil dari paket penyelamatan Yunani belum lama ini yang mencapai 150 milyar dolar.

Beberapa menteri luar negeri Uni Eropa menyambut baik keputusan Irlandia Minggu itu setelah berminggu-minggu pemerintah Irlandia membantah bahwa ekonominya membutuhkan bantuan dari luar.

Diplomat Spanyol dan Austria mengungkapkan harapan bahwa paket ini akan menstabilkan mata uang Euro, yang dipergunakan oleh Irlandia serta 15 negara lain.

Krisis hutang Irlandia telah memicu kemarahan publik terhadap koalisi Perdana Menteri Brian Cowen. Seorang mitra yunior dalam koalisinya, partai the Greens, Senin menyerukan agar diselenggarakan pemilihan nasional dini pada Januari mendatang.

XS
SM
MD
LG