Tautan-tautan Akses

Tim Pakar Periksa Bukti dalam Penyelidikan Jatuhnya Pesawat MH17


Para pakar memberikan presentasi mengenai penyebab jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, di Gilze Rijen, Belanda bulan lalu (foto: dok).

Para pakar memberikan presentasi mengenai penyebab jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, di Gilze Rijen, Belanda bulan lalu (foto: dok).

Sebuah tim internasional sedang meneliti bukti-bukti dari insiden pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina timur tahun lalu.

Sebuah tim internasional bertemu di Belanda untuk meneliti bukti-bukti dari pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH-17 yang ditembak jatuh di Ukraina timur tahun lalu, kata jaksa Belanda dalam sebuah pernyataan hari Selasa (24/11).

Pertemuan para penyelidik selama tiga minggu itu, termasuk beberapa pakar dari Belanda dan Ukraina, juga diikuti oleh sejumlah pakar ilmu balistik, sistem senjata, bahan peledak dan bidang khusus lainnya, kata pernyataan kejaksaan itu.

Menurut pernyataan itu, pertemuan harus "mengarah pada langkah maju yang penting dan meyakinkan dalam penyelidikan kriminal.”

Dewan Keselamatan Transportasi Belanda bulan lalu menyimpulkan bahwa pesawat Boeing 777 itu ditembak tanggal 17 Juli, 2014 dengan rudal buatan Rusia, menyebabkan pesawat meledak di udara. Dua pertiga dari ke-298 orang di dalamnya warga Belanda, tewas. Rusia telah membantah sebuah peluncur misil Buk mungkin telah digunakan.

Separatis pro-Rusia dan pasukan pemerintah Ukraina sedang terlibat pertempuran di timur Ukraina ketika pesawat itu jatuh. Para pakar Barat dan berbagai pemerintah, termasuk Ukraina, langsung menyalahkan pemberontak.

Belanda telah mengusulkan pembentukan pengadilan internasional untuk mengadili para pelakunya, namun sejauh ini belum ada tersangka yang disebut namanya. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG