Tautan-tautan Akses

Pakar Nuklir: Korea Utara Mungkin Sudah Punya Bom Kecil untuk Misil


Fasilitas nuklir di wilayah Yongbyon, Korea Utara (Foto: dok).

Fasilitas nuklir di wilayah Yongbyon, Korea Utara (Foto: dok).

David Albright, ketua Institute for Science and International Security (ISIS), menjelaskan bahwa Utara tidak membutuhkan satu lagi percobaan nuklir untuk memperoleh hulu-ledak untuk kepentingan militer.

Sementara keprihatinan meningkat bahwa Korea Utara kemungkinan bersiap-siap melakukan lagi percobaan senjata nuklir di bawah tanah, seorang pakar nuklir terkemuka mengatakan Pyongyang kemungkinan sudah mempunyai bom yang cukup kecil untuk dipasang di atas sebuah misil.

David Albright, ketua Institute for Science and International Security, menjelaskan bahwa Utara tidak membutuhkan satu lagi percobaan nuklir untuk memperoleh hulu-ledak untuk kepentingan militer.

Tetapi, Albright, yang juga bekerja sebagai inspektur Badan Energi Atom Internasional (IAEA), badan pengawas nuklir PBB, mengatakan itu tidak menutup kemungkinan satu lagi percobaan Korea Utara.

Perkiraan itu diungkapkan sementara ada spekulasi luas mengenai kemampuan nuklir Utara, yang timbul karena peringatan Utara bahwa pihaknya dapat melakukan percobaan nuklir “bentuk baru.”
XS
SM
MD
LG