Tautan-tautan Akses

Pakar Australia-Laos Temukan Sisa Jenazah dari Zaman Besi


Beberapa bejana (gentong) yang ditemukan di wilayah "Dataran Jars" di pusat kota Laos (Foto: dok).

Beberapa bejana (gentong) yang ditemukan di wilayah "Dataran Jars" di pusat kota Laos (Foto: dok).

Para ilmuwan mengatakan pekerjaan lapangan itu telah menambahkan sejumlah signifikan pengetahuan kearah pengungkapan misteri tempat kira-kira 100 bejana dan jenazah di seluruh daerah itu.

Tim penelitian bersama dari Australia dan Laos telah menemukan satu sisa jenazah manusia di Dataran Jars atau bejana, yang diyakini berasal dari Zaman Besi, kira-kira 2.500 tahun yang lalu.

Para ilmuwan mengatakan pekerjaan lapangan itu telah menambahkan sejumlah signifikan pengetahuan ke arah pengungkapan misteri tempat sekitar 100 bejana dan jenazah di seluruh daerah itu.

Dataran Jars, yang terletak di provinsi Xieng Khouang, Laos tengah, masih tetap membingungkan bagi para pakar purbakala.

Dosen Arkeologi Universitas Nasional Australia, Dougald O’Reilly, yang memimpin penelitian lapangan itu, mengatakan, “ini adalah salah satu misteri besar tempat-tempat bejana itu. Bejana-bejana baru yang besar ini sebagian dari tabung itu beratnya sampai 10 ton, yang telah diseret hingga jarak 10 kilometer dari tempat penggalian batu dan mendirikannya dalam kelompok-kelompok.”

Tidak banyak diketahui tentang orang yang memotong tabung-tabung itu dari tempat penggalian atau bahkan isi awalnya dan bagaimana dan mengapa tempat itu dibuka. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG