Tautan-tautan Akses

Pakar Astronomi Temukan Planet Air Beruap Tebal


Gambar planet GJ1214b (Foto: dok)

Gambar planet GJ1214b (Foto: dok)

Para peneliti di Pusat Astro-Fisika Smithsonian Harvard menggambarkan planet yang dinamakan Gj-1214b itu sebagai dunia air yang dikelilingi atmosfir beruap tebal.

Para pakar astronomi telah menemukan jenis baru planet yang ditutupi samudera dan baru satu jenis ini yang ditemukan di dalam dan diluar tata surya kita. Mereka mengatakan exoplanet ini hampir tiga kali diameter Bumi dan beratnya hampir tujuh kali berat Bumi.

Namun, para pakar astronomi harus menciptakan klasifikasi planet baru untuk menampung super-Bumi baru yang penuh air itu, yang tidak cocok dimasukkan pada penggolongan jenis planet sebelumnya, seperti berbatu-batu, ber-es atau ditutupi gas.

Mereka mengatakan apa yang membuat exoplanet beruap ini tidak biasa adalah bahwa bagian yang besar massanya berupa air, dan planet itu mempunyai lebih sedikit batu daripada Bumi, atau planet berbatu manapun yang telah diketahui.

Exoplanet tersebut hanya 40 tahun cahaya jauhnya, termasuk dekat, menurut ukuran alam semesta. Planet itu mengorbit bintang kerdil setiap 38 jam dari jarak hanya dua juta kilometer. Para pakar astronomi mengatakan bahwa kedekatannya pada matahari membuat suhu di permukaan planet itu mencapai sekitar 230 dejarat Celsius, yang membuatnya terlalu panas untuk didiami mahluk hidup seperti yang kita kenal.

XS
SM
MD
LG