Tautan-tautan Akses

Pakar Aroma: Wangi-wangian Bisa Pengaruhi Perilaku Manusia


Selain menimbulkan rasa nyaman, wangi-wangian juga bisa menimbulkan dorongan untuk membeli sesuatu, ujar para pakar aroma (foto: dok).

Selain menimbulkan rasa nyaman, wangi-wangian juga bisa menimbulkan dorongan untuk membeli sesuatu, ujar para pakar aroma (foto: dok).

Wangi-wangian bisa membangkitkan kenangan dan aroma parfum tertentu mungkin bisa mengingatkan pada cinta pertama.

Wangi-wangian bisa menimbulkan rasa nyaman, menurut para pakar terapi aroma. Wangi-wangian juga bisa menimbulkan dorongan untuk membeli sesuatu. Itulah sebabnya agen-agen penjual rumah kerap memanggang kue di rumah yang akan mereka jual.

Para pakar pemasaran di Universitas Negeri Washington (WSU) dan Universitas St. Gallen di Swis berupaya mengetahui aroma apa yang paling ampuh mendorong konsumen “untuk berbelanja.” Dalam Journal of Retailing, mereka melaporkan hasil pengamatan bahwa aroma yang umum lebih ampuh.

Mereka memapar ratusan konsumen Swis mulai dari aroma jeruk biasa sampai aroma jeruk dengan daun basil dan teh hijau yang lebih tajam. Dari pengamatan bon-bon belanja di kasir terlihat bahwa penjualan meningkat ketika aroma jeruk biasa tercium di tempat berbelanja.

Aroma yang sederhana juga bermanfaat untuk melaksanakan tugas-tugas kognitif. Peneliti-peneliti WSU memapar para mahasiswa dengan aroma-aroma yang berbeda di ruangan selagi mereka mengerjakan tugas-tugas yang terkait dengan penggunaan kata-kata. Mahasiswa-mahasiswa itu bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dengan waktu yang lebih singkat ketika udara di sekitar mereka dipenuhi aroma yang sederhana, daripada ketika udara di sekitar mereka aromanya bermacam-macam atau tidak ada aroma sama sekali.

Eric Spangenberg, Dekan Fakultas Bisnis WSU, mengatakan, aroma yang sederhana lebih mudah diproses oleh otak, sehingga pikiran bisa lebih terpusat pada berpikir, bekerja, … atau berbelanja.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG